Sumber foto: Instagram @miss_foodie


Sebagai negara 4 musim, Jepang menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak orang minati karena pemandangan alam dan makanan khasnya. Seperti saat musim gugur tiba, selain bisa menikmati pemandangan dedaunan yang mulai berganti warna, kamu juga bisa mencicipi makanan musiman yang menggugah selera.


Jepang mulai memasuki musim gugur pada bulan September-November. Jika berkunjung pada bulan ini, kamu bisa menikmati beberapa hidangan khas musim gugur yang patut dicoba. Berikut beberapa di antaranya.


Jamur Matsutake



Sumber foto: Instagram @miss_foodie


Jamur Matsutake sering disebut sebagai ikon musim gugur di Jepang. Karena jamur ini hanya tumbuh di musim gugur, tidak dapat dibudidayakan, dan tidak dapat dipanen secara teratur di semua musim. Selain harganya yang mahal, jamur matsutake memiliki aroma yang unik dan khas, sehingga beberapa orang tidak menyukainya. Namun, masyarakat Jepang sangat menikmati olahan jamur ini.


Olahan jamur yang paling populer adalah jamur panggang. Selain itu, dapat diolah menjadi sup osuimono dengan tambahan sedikit bumbu. Ada juga matsutake gohan, yaitu nasi yang dimasak dengan campuran jamur sehingga menghasilkan aroma khas. Olahan lainnya adalah dobin mushi, yaitu jamur yang dikukus dengan cara menggunakan teko yang terbuat dari tembikar. Hidangan dengan jamur matsutake jangan sampai dilewatkan, karena kamu harus menunggu setahun lagi untuk menikmatinya.


Sanma



Sumber foto: Instagram @midorirestaurant.id


Dikenal dengan nama Pacific saury atau sanma dalam bahasa Jepang. Ikan khas musim gugur ini juga menjadi makanan musiman favorit masyarakat Jepang dari semua kalangan. Biasa disajikan dengan dipanggang secara utuh di atas api terbuka dan disantap dengan nasi hangat bersama sup miso juga acar jahe khas Jepang. Bisa juga diasinkan dengan ditambahkan kecap asin, parutan jeruk nipis, lemon, dan bumbu penyedap lainnya. Lobak Jepang (daikon), jeruk nipis, garam dan buah persik biasa dijadikan pelengkap hidangan ini.


Saat mengonsumsi ikan ini harus berhati-hati, karena memiliki banyak duri pada bagian punggung. Ikan sanma kaya akan protein dan minyak omega-3 yang dapat membantu mengurangi tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung juga otak.