Sumber foto: Instagram @tower_of_the_sun_museum_shop 


Siapa yang gemar mengunjungi museum? Memasuki liburan musim panas ini, untuk kamu yang ingin traveling ke Jepang, ada salah satu museum yang wajib banget di kunjungi karena akan membuat kamu terasa terhipnotis!




Sumber foto: Pinterest



Tower of the Sun yang dibuat oleh seniman Jepang Taro Okamoto, merupakan simbol kota Osaka yang dibangun pada tahun 1970. Bangunan ini dibangun di kota Suita, Perfektur Osaka yang merupakan salah satu bagian dari Expo Commemorative Park dengan tema Pameran Dunia Jepang (Osaka Banpaku).  Sebelumnya, bagian dalam menara ditutup untuk umum selama setengah abad, namun dibuka kembali untuk umum pada Maret 2018 dan ditetapkan sebagai fasilitas pameran permanen.

 

Memiliki tinggi 40 meter dengan panjang 292 meter dan lebar 108 meter, menjadikan museum ini memiliki 3 lantai untuk ruang pamerannya. Ada lantai di bawah tanah, lantai di atas tanah dan lantai di udara. Setiap lantainya memiliki tema eksposisi tentang “Kemajuan dan Harmoni Manusia”. 




Sumber foto: Instagram @tower_of_the_sun_museum_shop 



Yang paling unik dari bangunan ini, Tower of the Sun memiliki 3 wajah bergambar matahari pada bangunannya yang masing-masing memiliki arti tersendiri. Di bagian luar menara terdapat 3 wajah: “Wajah Emas” yang melambangkan masa depan, “Wajah Matahari” yang melambangkan masa kini, “Wajah Matahari Hitam” yang melambangkan masa lalu. Terdapat juga icon wajah matahari yang terdapat di dalam tower, terletak di bagian lantai bawah tanah.