Sumber foto:  Instagram @shojitaki


Setiap negara pasti memiliki tradisi unik seperti festival budaya yang diadakan setiap tahunnya. Hal itu biasanya dapat menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke negara tersebut, sekaligus merasakan atmosfer yang berbeda saat festival berlangsung. Selain bisa menyaksikan secara langsung, kamu juga bisa belajar mengenal tradisi dari negara tersebut. Mengunjungi negara pada saat penyelenggaraan festivalnya tentu akan membuat liburanmu lebih menyenangkan, Clozetters!


Nah, 5 negara ini memiliki festival unik yang tidak boleh kamu lewatkan. Berikut Clozette rangkum daftar festival unik dan negara penyelenggaranya. 


Dia de los Muertos



Sumber foto:  Instagram @loraix13


Jika kamu pernah nonton film animasi Coco, kamu pasti tidak asing dengan festival ini. Festival Dia de los Muertos (Day of the Dead) merupakan sebuah acara dalam tradisi Meksiko untuk menyambut arwah keluarga atau orang tercinta yang berkunjung ke alam kehidupan. Dia de los Muertos digelar setiap tanggal 1 dan 2 November, ada pula yang mulai merayakan dari tanggal 31 Oktober, perayaan ini juga merupakan hari libur nasional.


Jauh dari citra seram, justru festival kematian ini adalah sebuah ajang yang penuh suka cita dan kegembiraan. Rumah-rumah akan menyediakan meja persembahan dan diisi dengan bunga marigold, makanan, lilin dan juga foto keluarga yang telah meninggal. Dalam perayaan ini, warga setempat mengunjungi makam keluarganya dan akan mulai membersihkan tulang di dalam makam tersebut. Tak hanya itu, warga juga akan memugar dan mengecat kembali nisan keluarga mereka serta mendekornya dengan lilin dan bunga-bungaan. Masyarakat akan berdandan semeriah mungkin dengan wajah yang dirias menyerupai tengkorak dan mengenakan baju tradisional yang cantik dan penuh warna.


Jadi, kalau kamu kebetulan pergi traveling ke Spanyol, Meksiko, di tanggal 1 November, kamu akan beruntung sekali karena dapat menyaksikan festival penuh warna dan kemeriahan yang dibumbui dengan budaya khas Meksiko yang kental ini.