Nonton bareng film bisu legendaris, film sains berdurasi panjang pertama, diiringi oleh live orchestra yang didatangkan langsung dari Jerman! Apa yang lebih epic dari itu? Ini pertama kalinya di Indonesia! 

Hari Sabtu, 5 September 2015, bertempat di Teater Besar Jakarta, Taman Ismail Marzuki (TIM), Cikini, telah dilangsungkan pembukaan kolaborasi terbesar seni, sains, olahraga, politik, dan ekonomi Jerman - Indonesia yang pertama diadakan di Indonesia, JERMAN FEST 2015. 

Pembukaan perdana Jerman Fest ditandai dengan pemutaran film bisu legendaris berjudul 'Metropolis' karya Fritz Lang tahun 1925 yang diiringi langsung oleh musik Orkes Film Jerman Babelsberg. 

Bukan hanya mengiringi pemutaran film Metropolis, 60 musisi Orkes Film Jerman Babelsberg ini juga membawakan  lagu 'Indonesia Raya', loh




Sebelumnya, Duta Besar Jerman untuk Indonesia Dr. Georg Witschel bersama Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Kacung Marijan membuka Jerman Fest 2015 dengan pemukulan gong. 

Pembukaan Jerman Fest ini turut menyulap area pelataran TIM Cikini menjadi area "layar tancap"​. Pertunjukan tersebut juga disiarkan secara langsung di pelataran terbuka yang dapat mengakomodasi hingga ribuan penonton. Ini didasari pada semangat festival musim panas di kota (summer-in-the-city).