Sumber foto: @shibuya_saunas


Clozetters yang pernah ke Jepang, pasti udah familiar dengan onsen, bukan? Kegiatan berendam di mata air hangat ini jadi salah satu aktivitas seru untuk relaksasi. Nah, kalau mau coba experience baru selain onsen, sauna bisa jadi opsi menarik! Beberapa tahun belakangan, sauna jadi go-to activity di Tokyo yang lagi hype. Pasalnya, kegiatan ini bukan cuma buat kalangan orang tua aja, tapi udah lebih dekat dengan anak muda, loh!

 


Asal Mula Sauna di Tokyo

 

Di Tokyo, sauna muncul pertama kali di fasilitas kesehatan umum yang terletak di Ginza, tahun 1957. Tetapi, sauna baru populer setelah Olimpiade Tokyo tahun 1964, ketika para atlet Finlandia bikin fasilitas sauna sendiri di Olympic Village buat merelaksasi diri sebelum atau sesudah pertandingan.

 

Nah, di tahun 2010-an, sauna nih identik banget sama para pekerja yang butuh istirahat sejenak tapi nggak sempat pulang ke rumah. Setelah mandi dan bebersih, mereka akan bersantai di ruangan kayu dengan suhu up to 79° Celcius selama 12 menit. Lalu, mereka akan keluar buat cool down, mandi lagi, dan istirahat sampai waktu kerja tiba.