Sumber foto: @parentingclubid

Periode emas si Kecil ternyata dimulai sejak usia 1-5 tahun. Pada priode ini, si Kecil mampu menyerap informasi secara maksimal dibandingkan tahapan usia lainnya. Oleh karena itu, dibutuhkan peran Mam dan Pap secara maksimal agar kepintaran anak juga dapat berkembang secara optimal. 

Mam dan Pap, tahukah bahwa kepintaran kognitif juga disebut dengan kepintaran akal? Kepintaran akal digolongkan berupa merangkai kata, berhitung, dan mengenal benda. Namun, kepintaran si Kecil tidak hanya diukur berdasarkan kepintaran akal saja, tapi juga kepintaran fisik dan sosial. Nah, apa sih yang dimaksud kepintaran akal, fisik, dan sosial? 

1. Kepintaran akal 
Kepintaran ini menyangkut kemampuan anak berkomunikasi, memecahkan masalah, berpikir jernih, dan kritis. Word smart, Number Smart, Picture Smart, dan Music Smart merupakan kelompok kepintaran akal. 

2. Kepintaran fisik
Kepintaran ini menyangkut perkembangan motorik atau biasa disebut Body Smart. Sedangkan Nature Smart dapat terlihat dari kecakapan si Kecil dalam mengeksplorasi alam. 

3. Kepintaran sosial 
Kepintaran ini dapat dilihat dari kemampuan si Kecil dalam berinteraksi dengan lingkungan sosial dan mengendalikan diri sendiri.