Abuse is Not Love.

Menurut World Health Organization (WHO), sebanyak satu dari tiga perempuan mengalami kekerasan dalam hubungan dengan pasangan selama hidupnya. Kekerasan ini masih menjadi salah satu permasalahan sosial utama, dalam berbagai bentuk yang mencakup kekerasan fisik, seksual, emosional, finansial, hingga pengendalian perilaku oleh pasangan.

 

Dalam Catatan Tahunan Komnas Perempuan tahun 2023, kekerasan dalam hubungan dengan pasangan mendominasi pengaduan ke Komnas Perempuan di kategori ranah personal. Mencakup 713 kasus kekerasan oleh mantan pacar, 622 kasus kekerasan terhadap istri, dan 422 kasus kekerasan dalam pacaran. Salah satu penyebab fenomena ini ialah normalisasi kekerasan yang kerap disalahartikan sebagai bentuk ekspresi cinta.

 

Berangkat dari permasalahan tersebut, brand kecantikan Yves Saint Laurent (YSL) Beauty Indonesia meluncurkan program “Abuse is Not Love”. Merupakan upaya untuk melawan kekerasan dalam hubungan dengan pasangan, YSL Beauty bekerja sama dengan organisasi non-profit Yayasan Pulih mengadakan pelatihan sekaligus memperkenalkan 9 tanda kekerasan dalam hubungan dengan pasangan. Hal ini bertujuan untuk memberi edukasi kepada publik akan hubungan yang sehat.