Community Trend Stories & News From Brands We Love

Sumber foto: Clozetter 5andranova

Hari demi hari bulan Ramadan telah dilewati. Sebagai orang tua, tentu menginginkan si kecil untuk ikut menjalani puasa meski tidak wajib sebelum akil balik. Puasa bukan merupakan hal yang mudah untuk dijalankan si kecil. Harus menahan lapar, haus, dan emosi tertentu dalam durasi yang cukup panjang, terkadang membuat si kecil enggan melakukannya. Jika moms kesulitan mengajak si kecil berpuasa, berikut Clozette rangkum langkah yang dapat dilakukan: 

Berikan Pengertian

Sebagai orang tua, moms harus memberikan pengertian mengenai puasa yang diwajibkan oleh agama dengan bahasa yang mudah dipahami. Moms juga dapat menambahkan cerita pengalaman berpuasa saat kecil. Tak kalah penting, berilah pengertian, bahwa puasa memiliki banyak manfaat.

Berikan Contoh

Rasanya tidak cukup jika si kecil hanya diberi pengertian. Seperti yang telah moms ketahui, si kecil senang menirukan apa yang dilihat dan didengar. Moms dapat memberikan contoh secara langsung dengan berpuasa, sahur, dan kegiatan lainnya yang diwajibkan saat bulan Ramadan.

Tidak Memaksa

Langkah selanjutnya adalah si kecil mempraktikan puasa. Ingatlah kembali, bahwa puasa bukan merupakan hal yang mudah untuk dilakukan si kecil. Moms dapat memulainya dengan mengajak si kecil berpuasa makanan kesukannya hingga adzan maghrib atau berpuasa selama setengah hari hingga jam 12 siang. Pastikan moms mengajarkannya secara bertahap dan tanpa paksaan. Jangan lupa, kalau si kecil masih dalam masa pertumbuhan sehingga memperhatikan gizi menu sahur dan buka puasa merupakan hal yang penting.