Community Trend Stories & News From Brands We Love

(Sumber foto: Clozette Crew Puitika)


Indonesia merupakan negara dengan laut terluas kesembilan dan menyimpan potensi sumber energi terbesar di dunia. Sayangnya, dibalik itu semua laut Indonesia dinobatkan sebagai penyumbang sampah terbesar dan merupakan laut terkotor kedua di dunia. Padahal, seharusnya Indonesia patut berbangga terhadap lautnya terlebih karena di dalam laut Indonesia menyimpan berbagai jenis biota laut khususnya terumbu karang dan bahkan ada yang hanya terdapat di Indonesia.

Melihat hal tersebut, Yayasan Indonesian Ocean Pride (IOP) merasa perlu untuk mengedukasi masyarakat Indonesia tentang pentingnya kelestarian laut Indonesia dan kehidupan binatang laut di dalamnya. Menggandeng Sorak Gemilang Entertaiment (SGE Live), IOP melakukan kegiatan eksplorasi dan kolaborasi seni digital ‘teamLab Future Park and Animal of Flowers, Symbiotic Lives’, serta pengumpulan donasi melalui penjualan tanda mata berupa t-shirt dengan gambar ikan laut karya Hamish Daud, selaku pendiri IOP, seharga Rp 199.000 yang dapat diperoleh mulai dari 11 Oktober sampai 11 November 2019.

‘teamLab Future Park and Animals of Flowers, Symbiotic Lives’ adalah pameran seni interaktif terbesar di Jakarta yang menggunakan teknologi digital serta mengusung konsep kreasi kolaborasi. Salah satu instalasi yang terdapat di dalamnya adalah Sketch Aquarium yang memungkinkan pengunjung untuk mewarnai binatang laut dan hasilnya akan muncul dalam akuarium raksasa tersebut serta dapat bereaksi terhadap sentuhan manusia.