Community Trend Stories & News From Brands We Love

Sumber foto : @museummacan


Museum MACAN (Modern and Contemporary Art in Nusantara) kembali dibuka untuk publik tepat tanggal 17 November 2018 lalu. Kali ini, Museum MACAN menampilkan rangkaian karya dari tiga seniman Asia dengan karakteristik yang berbeda satu sama lain. Mereka adalah Arahmaiani dengan The Past Has Not Passed, Lee Mingwei dengan Seven Stories, dan On Kawara dengan One Million Years (Reading).





Arahmaiani merupakan salah satu seniman kontemporer yang cukup berpengaruh di Asia Tenggara pada tahun 1990an. Karya-karyanya meliputi instalasi awal, lukisan, gambar, dokumentasi foto dan video, tulisan, publikasi, serta performans. Melalui The Past Has Not Passed, Arahmaiani menggambarkan kondisi sosial dan budaya pada zaman tersebut.





Seven Stories karya Lee Mingwei menampilkan tujuh karya yang berpusat pada rasa percaya, keintiman, dan kesadaran diri. Hal tersebut terlihat dari instalasi partisipatoris seperti Sonic Blossom (2013/2018), dimana pengunjung yang terpilih dapat menerima pemberian berupa lagu, dan The Dining Project (1997/2018) yang akan mengajak pengunjung yang beruntung untuk menikmati jamuan makan malam di museum.