(sumber foto: https://id.pinterest.com/pin/985231157575829/)

The Power of Daily Journaling

Menulis adalah sebuah cara lain untuk mencurahkan isi hati seseorang secara jujur. Dengan menulis, seseorang menjadi leluasa untuk menceritakan apa saja yang dirasakan dirinya sendiri dalam sehari-hari. Tidak hanya itu, menulis juga bisa dilakukan oleh orang – orang yang menyukai sebuah perencanaan. Menulis ternyata berdampak positif, karena dengan menulis kita dapat menyalurkan ide dan pemikiran yang mungkin tidak bisa diungkapkan dalam sebuah ucapan.

 

Kegiatan menuangkan pikiran dan perasaan melalui tulisan dan gambar bisa disebut dengan Journaling. Journaling sangat mudah dikerjakan dalam keseharian, dan juga dapat menjadi kegiatan rutin dalam waktu yang ditentukan disela kesibukan. Kegiatan ini bisa dilakukan pada media apapun, elektronik maupun tradisional. Pada pengalaman pribadi, aku lebih suka mengerjakannya secara tradisional dengan menulis di buku khusus journaling, selain bisa mencurahkan pikiran aku pun bisa berkreasi lebih mudah dengan alat tulis dengan varian warna menarik. Ada yang suka menulis dengan proses modern yaitu menggunakan gadget seperti laptop/ipad. Celakanya, tak semua orang memiliki gadget untuk journaling. Hal tersebut tidak menjadi masalah, apa pun medianya, semua bergantung dengan tujuan yang baik untuk diri sendiri.

 

Ada berbagai jenis journaling yang bisa dikerjakan dalam keseharian, namun saat ini aku hanya terfokus pada diary atau daily journal. Daily journal yang biasa aku kerjakan ini menyangkut emosi yang hadir di hari tersebut, dengan menceritakan berbagai peristiwa yang dapat membuat aku senang, sedih, atau perasaan lain yang muncul. Dengan menuliskan secara detail peristiwa yang terjadi, aku merasa ada proses mengulang kembali cerita yang terjadi dalam memori sehingga menjadi refleksi diri dalam bagaimana cara menanggapinya dan penerimaan di setiap  kondisi yang aku ceritakan.