Sumber foto: Clozette Ambassador @bebelicious


Berbeda dengan mengikuti paket tour & travel yang disediakan jasa perjalanan, solo traveling memiliki keistimewaan tersendiri. Terutama jika ingin bepergian ke negara yang ramah dengan turis seperti Jepang. Kamu bebas menentukan destinasi, transportasi, hingga pilihan menu yang akan kamu santap sepanjang berwisata. Namun, tentu kamu harus lebih aktif membuat itinerary dan menyediakan plan B jika tersasar atau destinasi tujuanmu tengah ditutup. 

 

Nah, bagi Clozetters yang tertarik untuk solo traveling ke Jepang, Clozette akan spill 4 aplikasi yang bisa membantu kamu selama berlibur di negara kepulauan tersebut. Yuk, intip selengkapnya melalui ulasan berikut! 

 


Google Maps 


Aplikasi yang satu ini punya segudang manfaat yang bisa kamu andalkan, seperti mencari restoran, fasilitas publik, pusat perbelanjaan, bioskop, rumah sakit, hingga ATM. Tak hanya itu, Google Maps juga bisa memberitahu titik-titik kemacetan dan memperingati jika ada bencana alam di sekitarmu. 


 

Hyperdia 


Dikenal dengan sistem kereta api yang baik, traveling menggunakan kereta amat disarankan di Negeri Matahari Terbit ini. Untuk mengaksesnya, kamu bisa menggunakan Hyperdia yang dikembangkan oleh Hitachi Systems untuk menemukan kereta api sesuai tujuan, serta mengetahui jadwal kedatangan dan keberangkatan kereta. Tak hanya itu, biaya yang dibutuhkan dan estimasi waktu tempuh juga tersedia melalui aplikasi ini, lo! 

 


Tokyo Metro Subway Map & Route 


Tertarik menjelajahi Tokyo menggunakan subway? Aplikasi yang dikelola langsung oleh Tokyo Metro ini wajib kamu unduh, Clozetters. Tak hanya sarat akan informasi, aplikasi ini juga amat tourist-friendly berkat ketersediaannya dalam berbagai Bahasa, yakni Bahasa Inggris, Jepang, Korea, Thailand, dan Mandarin. 


 

Halal Gourmet Japan


Tak perlu khawatir akan kesulitan mendapatkan makanan halal di Jepang, aplikasi ini bisa kamu andalkan untuk mengetahui informasi makanan yang kamu temukan di supermarket. Caranya amat mudah, cukup foto produk yang kamu temukan melalui aplikasi Halal Gourmet Japan, lalu informasi mengenai produk tersebut akan muncul dengan bingkai warna. Bingkai merah jambu menunjukkan produk tersebut halal/ramah dikonsumsi turis Muslim, bingkai biru menunjukkan produk halal/ramah untuk vegetarian, dan bingkai putih menunjukkan produk tersebut belum terdaftar di aplikasi, atau belum Muslim-friendly.