Clozetters yang gemar nonton Drama Korea pasti tak asing dengan permainan papan yang satu ini. Go atau igo merupakan salah satu permainan papan tertua di dunia. Di Korea disebut sebagai baduk dan di Tiongkok, negara asal permainan ini, dikenal sebagai weiqi. 

 

 

Kapan Go Pertama Muncul? 

 

Ada beberapa pandangan tentang asal usul go. Namun, go dipercaya sudah hadir lebih dari tahun 2000 SM. Permainan ini diciptakan untuk melatih kecerdasan para bangsawan di kerajaan Tiongkok. Mereka harus menguasai permainan go sebagai kemampuan dasar, di samping keahlian lain seperti seni lukis, kaligrafi, dan bermain quqin, instrumen musik tradisional Tiongkok. 

 

Setelah populer di negara asalnya, go menyebar ke Semenanjung Korea hingga masuk ke Jepang sekitar tahun 607. Pada masa itu, go hanya dimainkan oleh para bangsawan. Sekitar tahun 1192, go mulai menyebar ke kalangan militer dan pedagang dan memasuki masa keemasannya pada zaman Edo akhir. 

 

Pada abad ke-17, go mulai masuk ke negara-negara Barat, dibawa oleh matematikawan asal Jerman, Leibniz. Popularitas permainan ini semakin naik setelah peluncuran buku Go and Go Moku yang ditulis oleh Juara Catur Dunia Edward Lasker.