Sumber foto: Instagram @ideafestid 


Sempat menghentikan aktivitas tatap muka selama pandemi, IdeaFest 2022 sebagai gelaran milik komunitas kreatif Indonesia dari Samara Live kembali hadir menyapa para pengunjung secara offline tanggal 24-27 November 2022 di Jakarta Convention Center (JCC). Beragam program kolaborasi untuk mendukung pertumbuhan industri kreatif di Indonesia bisa kamu temukan pada event bertema “Reality Re:defined” ini. Lebih dari 180 pelaku kreatif, lebih dari 30 komika, dan lebih dari 30 tenant kuliner berpartisipasi untuk menghadirkan lebih dari 100 sesi dan lebih dari puluhan experiential booth yang berbagi ide, wawasan, hiburan, dan aneka terobosan kreatif melalui Conference, IdeaTalks, Utopia Blok:verse, IdeaFest Music, Lucu Fest, Hall of Makers, Manual Food Market, Litter by Litter, Your Voice Matters, Berani Bacot, dan NexSpace

 

“Setelah berhadapan dengan pandemi selama lebih dari dua tahun, kini dunia perlahan pulih dengan sendirinya, dan kami sadar kemajuan teknologi saat ini menjadikan kolaborasi lebih bebas hambatan. IdeaFest 2022 bermitra dengan berbagai komunitas dan program partners dalam upaya memperkenalkan berbagai inovasi terkini yang diprediksi akan menjadi bagian penting dari kehidupan bermasyarakat sehari-hari kedepannya pasca pandemi. Sehingga setiap hal yang dihadirkan tidak hanya menarik, tetapi juga memiliki daya guna dan manfaat secara sustainable.” Tutur Co-Chairman IdeaFest 2022, Ben Soebiakto


 

Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia turut mengapresiasi IdeaFest sebagai collaborative platform untuk mendorong perkembangan industri kreatif yang saat ini memiliki persentase yang besar dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia. “Saat ini, Kemenparekraf Indonesia memiliki 17 subsektor ekonomi kreatif yang sedang aktif berkembang. Kemenparekraf sendiri sedang mendorong upscaling, rescaling, dan yang paling penting newscaling. Kalau kita melihat dari data yang kita punya sekarang, sector yang memberikan kontribusi terbesar ke ekonomi Indonesia, ekonomi kreatif menempati posisi ketiga. Oleh karena itu, gunakan IdeaFest 2022 untuk meningkatkan ekonomi kreatif Indonesia sekaligus peningkatan taraf hidup masyarakat. IdeaFest menjadi platform yang dibutuhkan saat ini untuk menghadirkan inovasi, adaptasi, kolaborasi untuk generasi Indonesia.”