Penyelenggaraan Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2018 resmi digelar pada tanggal 19-22 April 2018. Sebagai permulaan dari pergelaran busana muslim terbesar di Indonesia ini, MUFFEST menggelar Opening Ceremony yang dibuka oleh Bapak Presiden Republik Indonesia Joko Widodo; Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Airlangga Hartanto; Sekretaris Kabinet Republik Indonesia, Pramono Anung; dan Ali Charisma, selaku National Chairman of Indonesian Fashion Chamber (IFC).
 

“Industri kreatif, termasuk industri fashion muslim punya masa depan yang cerah. Karena saat ini kita hidup di era teknologi, era keterbukaan, era kompetisi, dan era lifestyle. Busana muslim sudah melekat dengan masyarakat Indonesia. Setiap kali saya keliling dunia, banyak bertemu dengan orang, selalu mereka menyampaikan bahwa busana muslim dari Indonesia sangat disukai dan digandrungi. Kata mereka, model dan desainnya bagus dan kreatif. Sekarang tinggal bagaimana kita menjadikan Indonesia sebagai pusat busana muslim dunia,” tutur Presiden Jokowi dalam pidato sambutannya.
  

Bapak Presiden Jokowi juga berharap agar busana muslim Indonesia dapat menunjukkan ciri khas Indonesia. Menurutnya, fashion yang paling baik adalah yang dapat memadukan elemen tradisi dan modernitas. Selain itu, para desainer juga harus memanfaatkan teknologi yang ada seperti menggunakan e-commerce sebagai wadah untuk memasarkan produk menjadi lebih luas. Hal ini juga tentunya dapat menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang bergeser dari offline menjadi online.