Community Trend Stories & News From Brands We Love

sumber foto: Clozette Ambassador @wynnepreasetyo


Situasi pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini tentu memunculkan rasa khawatir bagi semua orang, terutama bagi para ibu hamil. Hal ini dikarenakan ibu hamil termasuk sebagai kelompok yang rentan terinfeksi berbagai virus, salah satunya virus corona. Oleh karena itu, kehamilan yang berlangsung di tengah pandemi membuat ibu hamil harus benar-benar memerhatikan kesehatannya. Bukan hanya untuk diri sendiri, melainkan juga untuk janin di dalam kandungan.

Menjaga kehamilan agar tetap sehat di tengah pandemi dapat dilakukan dengan menerapkan beberapa cara. Salah satunya dengan melakukan pemeriksaan kandungan ke dokter spesialis obgyn atau obsetri dan ginekologi secara rutin.  

World Health Organization (WHO) menganjurkan setiap ibu hamil untuk melakukan pemeriksaan kandungan setidaknya 8 kali selama masa kehamilan. Trimester pertama atau saat usia kandungan 12 minggu, pemeriksaan dilakukan 1 kali, menginjak trimester kedua pemeriksaan dilakukan 2 kali saat usia kehamilan memasuki minggu ke 20 dan 26. Kemudian, saat usia kehamilan masuk trimester ketiga, dilakukan pemeriksaan sebanyak 5 kali yakni ketika usia kehamilan menginjak minggu ke 30, 34, 36,38 dan 40.