Community Trend Stories & News From Brands We Love

Sumber foto: @cynthiaramlan


Mengulang keseruan di Surabaya akhir tahun 2018 kemarin, Parenting Club kembali diadakan di Ibu Kota tanggal 19 Januari 2019 lalu. Bertempat di Miniapolis Plaza Indonesia, tema “Sudahkah Si Kecil Tumbuh Kembang Sesuai Usianya?” kembali menjadi topik utama. Bedanya, kali ini si Kecil ikut terlibat dalam berbagai aktivitas interaktif. Penasaran bagaimana serunya? Yuk, simak ulasan di bawah ini.


Pagi itu, acara dibuka dengan presentasi dari Dr. dr. Ahmad Suryawan, SpA(K), Dokter Spesialis Anak sekaligus Konsultan Tumbuh Kembang Pediatri Sosial. Dokter yang akrab disapa Dr. Wawan ini menjelaskan bahwa tumbuh kembang si Kecil terus bergulir sejak ia di dalam kandungan, lahir, hingga mencapai usia 18 tahun.




-  Usia 0-1 tahun, si Kecil mulai menggunakan inderanya seperti penglihatan, pendengaran, dan perabaan

- Usia 1-6 tahun, si Kecil mulai menggunakan motorik kasar (beraktivitas dengan otot besar seperti berjalan dan melompat), motorik halus (beraktivitas dengan otot halus seperti meraih mainan, atau menulis dengan pensil), bicara-bahasa (memiliki kemampuan untuk berekspresi dan menyalurkan ide secara verbal), serta sosialisasi-kemandirian (kemampuannya untuk mengerjakan sesuatu sendiri, dan berinteraksi dengan lingkungan di sekitarnya)

- Usia 6 – 18 tahun, akan ada dua hal yang memengaruhi tumbuh kembang si Kecil, yakni kecerdasan dan perilaku yang mulai terbentuk