Sumber foto: Clozette Ambassador Vicisienna 


Tahun baru, resolusi baru! Pasti banyak dari kamu yang sudah menyusun goals untuk dicapai tahun ini, bukan? Apakah salah satunya ialah ingin glow up dan mentransformasi kulit yang sedang kusam jadi cerah berseri? Jika ya, pastikan kamu membaca artikel ini hingga selesai karena Clozette akan spill rangkaian skincare yang ampuh mencerahkan kulit. Yuk, simak selengkapnya melalui ulasan berikut!

 

 

Penyebab Kulit Kusam

 

Sebelum kita membahas skincare-nya, kita perlu tahu dulu nih, sebenarnya apa sih saja faktor yang menyebabkan kulit tampak kusam? Pertama, ada faktor penambahan usia yang membuat penuaan kulit tak bisa dihindari. Seiring umur yang bertambah, produksi kolagen di kulit kita semakin menurun dan membuat kulit kita tampak ‘kehilangan cahaya’ dan semakin kering.

 

Lalu, yang paling umum adalah penumpukan sel kulit mati di permukaan kulit yang membuat kulit kita terlihat kusam, bersisik, dan bahkan pecah-pecah. Hal ini bisa kamu atasi dengan mengeksfoliasi kulit secara rutin sesuai jenis kulit kamu.

 

Last but not least, ada faktor eksternal seperti kurangnya asupan air putih, kebiasaan merokok, terpapar panas dan udara kering, hingga salah menggunakan skincare. Nah, hal-hal ini bisa kamu perbaiki dengan memulai gaya hidup sehat dengan asupan seimbang, serta mengganti perawatan kulit kamu dengan skincare yang tepat dan sesuai kebutuhan.