Sumber foto: Instagram @rainycitykitchen 


Jika sudah menonton serial Netflix “First Love: Hatsukoi”, kamu tentu familiar dengan hidangan pasta Napolitan atau Naporitan. Diceritakan dalam serial drama tersebut, Napolitan merupakan makanan favorit sang tokoh utama, Harumichi Namiki, yang turut menjadi pelengkap perjalanan cintanya dengan Yae Noguchi. 

 

Lalu, sajian pasta seperti apa sih, Napolitan ini? Berbekal bahan utama spaghetti, pasta ini dimasak dengan cara ditumis bersama saus tomat, bawang bombay, bawang putih, jamur kancing, paprika hijau, serta sosis dan daging asap sebagai pelengkapnya. Sajian ini kerap dimodifikasi oleh berbagai restoran di Jepang, seperti ditambahkan telur, taburan keju, udang, daging hamburg, hingga dihidangkan bersama salad. 


 

Meskipun sejenis pasta, Napolitan ternyata merupakan sajian asli Jepang dan pertama ditemukan di Yokohama, lo. Ada kisah unik di balik penemuan Napolitan ini, Clozetters. Konon, tanggal 30 Agustus 1945, Jenderal Amerika Douglas MacArthur datang ke Jepang dan beristrihat di New Grand Hotel Yokohama. Shigetada Irie yang saat itu bekerja sebagai head chef di hotel tersebut sempat kebingungan akan menghidangkan sajian apa untuk sang jenderal, hingga akhirnya ia berimprovisasi dengan spaghetti dan saus tomat yang tersisa di dapur dan mengembangkan menu Napolitan. 

 

Nama Napolitan sendiri diambil sebagai penghormatan untuk kota Naples di Italia yang menjadi inspirasi head chef tersebut. Unik sekali, ya? Tertarik mencoba hidangan ini, Clozetters?