Sumber foto: @sangariausa


Musim panas di Jepang memang sudah berakhir. Akan tetapi, hal-hal yang berkaitan dengan musim panas tetap menjadi favorit di saat-saat tertentu. Salah satunya ialah minuman berkarbonasi yang kerap disebut soda. Di Jepang, terdapat sebuah brand soda yang identik dengan keceriaan musim panas, yakni Ramune. Minuman legendaris ini pertama kali hadir di Kobe tahun 1800an, dibawa oleh seorang apoteker asal Skotlandia bernama Alexander Cameron Sim. Saat ini, Ramune diproduksi oleh dua perusahaan, yakni Hatakosen, sebuah perusahaan terkemuka di bidang minuman, dan Sangaria, perusahaan Osaka yang kerap dikaitkan dengan Japan Pop Culture.

 

Tak hanya membawa angin segar di Jepang pada masa itu, Ramune juga dikenal dengan berbagai keunikan lainnya. Yuk, simak lebih lanjut dalam ulasan di bawah ini.


Berasal dari Kata “Lemonade”


Nama Ramune ternyata berasal dari kata “lemonade”, sebuah minuman berbahan dasar air, lemon, dan sirup pemanis yang menyegarkan. Karena pelafalan yang berbeda, masyarakat Jepang menyebut lemonade sebagai “ramune” sehingga brand ini mengambil kata tersebut sebagai identitasnya.