Community Trend Stories & News From Brands We Love

sumber foto : Clozetter Edwina_hidayah



Seperti yang kita ketahui,perencanaan keuangan yang tepat secara tidak langsung bisa meningkatkan kualitas hidup seseorang. Salah satu bentuk perencanaan finansial yang mudah dilakukan adalah mencatat semua pemasukan dan pengeluaran.

Kini, banyak cara untuk mencatat seluruh pengeluaran dan pemasukan harianmu. Mulai dari menggunakan aplikasi hingga menerapkan metode mengatur keuangan yang diadaptasi dari budaya Jepang, yakni Kakeibo.

“Kakeibo” (‘kah-keh-boh’) merupakan sebuah budgeting journal yang telah menjadi gaya hidup masyarakat di Jepang. Metode ini pertama kali diperkenalkan oleh seorang jurnalis Jepang bernama Hani Motoko pada tahun 1904. Hingga saat ini, Kakeibo semakin populer semenjak buku Kakeibo: The Japanese Art Of Saving Money, karya Fumiko Chiba, sukses diluncurkan di seluruh dunia.

Dalam penerapan Kakeibo, kamu tidak perlu menggunakan aplikasi, melainkan cukup dengan mencatatnya di buku. Terdapat 4 langkah mudah bagaimana kamu bisa menerapkan Kakeibo dalam mengatur keuanganmu. Penasaran? Berikut rangkumannya.