Community Trend Stories & News From Brands We Love

sumber foto: instagram @thebodyshopindo.impact


Kekerasan terhadap perempuan hingga saat ini masih menjadi masalah serius yang dialami oleh berbagai negara, termasuk Indonesia. Hal ini ditunjukkan dalam catatan Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan (Komnas Perempuan). Yang memaparkan bahwa dalam kurun waktu 12 tahun terakhir, kasus kekerasan terhadap perempuan di Indonesia naik hingga 800 persen. Terlebih di saat pandemi COVID-19 melanda, kasus Kekerasan Berbasis Gender Online (KBGO) meningkat selaras dengan peningkatan aktivitas di dunia digital. 

Akan tetapi, saat masalah tersebut tengah genting-gentingnya, DPR RI justru mengeluarkan Rancangan Undang-undang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU PKS) dari Program Legislasi Nasional (Prolegnas) pada bulan Juli 2020 lalu. Tentunya langkah ini membuat berbagai pihak tak tinggal diam. Salah satunya adalah The Body Shop Indonesia (TBS), brand kecantikan yang dikenal sebagai label yang mendukung pemberdayaan perempuan.

Turut mendukung kesetaraan perempuan khususnya remaja untuk memperjuangkan haknya. The Body Shop bersama Yayasan Plan International Indonesia baru saja meluncurkan program bertajuk: Bring Back Equality For Girls. Dengan mengangkat tema “Creating Safe Space For Girls”, kolaborasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran publik untuk menghentikan kekerasan seksual terhadap perempuan melalui pengesahan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual.