Clozetters, sudah familiar dengan kombucha, fermentasi teh yang bermanfaat untuk kesehatan pencernaan? Berbagai penelitian telah menyatakan bahwa minuman ringan ini mampu memperbaiki kondisi tubuh, memulihkan fungsi alat pencernaan, menjadi penawar racun, hingga melawan kanker! Tak heran jika minuman ini kerap dikonsumsi mereka yang ingin menjaga kesehatan metabolisme tubuh.

 

Siapa sangka, ternyata selain bermanfaat bagi tubuh, kombucha yang mengandung enzim, berbagai jenis vitamin B, probiotik, cuka, dan dilengkapi kandungan asam yang tinggi juga mampu menutrisi kulit. Belakangan ini, banyak skincare yang menggunakan kombucha sebagai salah satu bahan aktif untuk mengatasi peradangan pada kulit seperti eksim, rosacea, dan bahkan jerawat. Salah satunya ialah barenbliss, brand kecantikan Korea yang diinisiasi oleh makeup artist Jina Kim. Brand ini memperkenalkan K.O! Kombucha Omega Deep Cleansing Balm, cleanser bertekstur balm untuk menutrisi kulit, melelehkan makeup dan kotoran di wajah dalam 15 detik, serta membersihkan secara menyeluruh tanpa menghilangkan hidrasi kulit. Produk yang mengandung Kombucha Black Tea Ferment, Ceramide, Omega 3-6-9, dan Nourishing Natural Complex ini dilengkapi aroma segar dari teh hijau dan jeruk.


Fivyola Hendra, Marketing Director barenbliss Indonesia, mengungkapkan, “Kombucha black tea ferment kaya akan polisakarida, polifenol teh, asam amino, antioksidan, dan prebiotik. Penelitian telah menunjukkan bahwa ekstrak teh hitam memiliki perlindungan radiasi UV spektrum luas dan dapat digunakan dalam dosis besar pada permukaan kulit tanpa menimbulkan efek toksik pada kulit. Memiliki efek anti-aging yang bagus pada kulit sekaligus menutrisi kulit.”