Community Trend Stories & News From Brands We Love

sumber foto: Clozette Ambassador @karinaorin


Jerawat menjadi salah satu permasalahan kulit yang kerap dialami oleh setiap orang, termasuk saya. Hampir empat tahun belakangan, saya berjuang melawan masalah jerawat yang pada awalnya timbul akibat tidak cocok terhadap suatu rangkaian skincare. Sejak saat itu, kulit saya rasanya lebih rentan mengalami masalah jerawat. Mulai dari jenis pustule, papule, hingga nodule.

Setelah melakukan konsultasi ke beberapa Dokter spesialis kulit dan kelamin (SPKK), ternyata kulit saya memiliki jenis kulit sensitized skin. Bagi Clozetters yang belum tahu apa itu Sensitized skin. Berbeda dengan kulit sensitif, sensitized skin adalah kondisi di mana kulit mengalami peningkatan sensitivitas yang disebabkan oleh faktor gaya hidup. Seperti makanan yang dikonsumsi, penggunaan produk skincare yang tidak cocok, hingga over eksfoliasi. Kondisi sensitized skin lah yang selama ini membuat kulit saya cenderung terlihat kusam, rentan berjerawat hingga iritasi. 

Tak berlama-lama, saya pun langsung mencari tahu cara untuk menangani jenis kulit sensitized skin. Menurut dokter, sensitized skin dapat diatasi dengan menghilangkan pemicunya terlebih dahulu. Mulai dari cara membatasi eksfoliasi, menggunakan produk yang lembut di kulit, mengurangi penggunaan produk dengan kandungan alkohol, hingga mengkonsumsi makanan sehat. Yap, gabungan dari keempat cara itulah yang berhasil membuat wajah saya membaik dari jerawat-jerawat itu. So, mari kita mulai membahas satu persatu produk skincare yang berhasil menyembuhkan jerawat berdasarkan pengalaman pribadi saya