Coco Chanel once said, “In order to be irreplaceable, one must always be different”. Sebuah pengingat bahwa menjadi kreatif dan inovatif adalah keharusan jika ingin bertahan di industri mana pun, terlebih dalam industri fashion. Di tengah perputaran roda mode yang begitu cepat, sebuah brand haruslah mampu beradaptasi tanpa meninggalkan identitas yang dibangun sejak awal.

 

Jika bicara tentang awal dan momen memulai sesuatu, tentu tak bisa lepas dari yang namanya proses belajar. Menempuh pendidikan fashion bisa menjadi batu pijakan yang kokoh bagi kamu yang ingin berkarir di industri yang erat dengan kesan glamor ini. ESMOD Jakarta yang merupakan pionir pendidikan fashion di tanah air secara konsisten menghasilkan nama-nama desainer yang kita kenal selama ini sejak pertama berdiri di Jakarta, tahun 1996 silam. Beberapa desainer papan atas seperti Hian Tjen, Dian Pelangi, Ria Miranda, dan Asky Febrianty merupakan lulusan dari sekolah yang berlokasi di Cipete, Jakarta Selatan ini.

 

Menaungi koleksi akhir dari lulusan terbarunya, Class of 2022, tahun ini ESMOD Jakarta kembali mengadakan ESMOD Jakarta Creative Show. Berlangsung tanggal 11 November 2022 lalu di Kuningan City Jakarta, acara ini menyajikan fashion exhibition, Class of 2022 Fashion Show, hingga penampilan musik dari duo Bottlesmoker yang menggabungkan musik elektronik dengan ritme khas Indonesia. Hal tersebut merupakan perwujudan dari tema yang diusung tahun ini, yakni Eco-Conscious yang dipadukan dengan Indonesian heritage. Kaya akan keanekaragaman, namun tetap peduli dengan keberlangsungan lingkungan.