Resor bintang lima The Apurva Kempinski Bali kembali mengangkat budaya Indonesia dalam kampanye ‘Unity in Diversity’. Kali ini, resor yang berdiri di tebing Nusa Dua tersebut berkolaborasi dengan Torang Sitorus, desainer sekaligus kolektor ulos terkemuka, untuk perhelatan fashion show ‘Magnificent Toba for The World’. Acara yang diadakan tanggal 17 Juli 2022 silam ini menampilkan 30 koleksi Ulos karya Torang Sitorus, didampingi dengan kebaya dari rekan-rekannya – Junot Hutabarat dan Nila Nasution.



 

Tak hanya terjun di dunia fashion sebagai perancang busana, Torang Sitorus juga mendedikasikan dirinya untuk melestarikan kain ulos sebagai kekayaan tanah Batak. Sosok yang mengoleksi sekitar 2.000 lembar ulos ini telah dinobatkan sebagai salah satu dari 75 ikon prestasi Pancasila tahun 2020 silam. Ia juga mencatat 20 tahun perjalanan dan keunikan kain tradisional tersebut dalam bukunya, ‘Identity in a Piece of Cloth the Batak Ulos’.

 

“Kehidupan kita sebagai orang Batak sangat erat kaitannya dengan ulos. Mulai dari kelahiran, pernikahan hingga kematian, ulos adalah bagian besar dari hidup kami.” Tutur Torang Sitorus. “Ini benar-benar menarik bagi saya dan saya senang berbagi momen spesial ini dengan The Apurva Kempinski Bali.”