Community Trend Stories & News From Brands We Love

Sumber foto: @parentingclubid


Ada banyak hal yang dapat memengaruhi proses tumbuh kembang anak. Beberapa diantaranya, yaitu faktor genetik dan lingkungan. Orang tua juga memiliki peranan yang sangat besar untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak yang optimal. Mulai dari memenuhi kebutuhan dasar anak seperti nutrisi, stimulasi, imunisasi, aktivitas bermain, dan tidur cukup. 

Pertumbuhan dan perkembangan anak merupakan dua hal yang berbeda. Pertumbuhan (growth) adalah perubahan yang bersifat kuantitatif atau dapat diukur (contoh: ukuran dan struktur biologis pada tubuh anak). Perkembangan (development) adalah perubahan kuantitatif dan kualitatif yang meliputi bertambahnya kemampuan (skill) struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks. Perkembangan terjadi dalam pola yang teratur seiring dengan proses pematangan/maturitas anak.

Seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan si Kecil, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Tentunya si Kecil harus mendapatkan asupan nutrisi yang lengkap dan seimbang. Nutrisi terbaik bisa Mam berikan melalui ASI Eksklusif serta MPASI setelah 6 bulan kehidupan si kecil.