Tidak seperti si Kecil, menjadi orang tua tidak ditempuh dengan pengajaran formal. Tidak ada ilmu baku dan kriteria menjadi orang tua yang baik untuk anak. Setiap orang tua memiliki cara tersendiri yang disepakati berdua (Mam dan Pap) untuk mendidik si Kecil. Oleh karena itu, sebagai orang tua tentunya tetap harus menggali ilmu dan mencari tau lebih banyak dengan membaca buku, sharing dengan orang lain, dan mencoba berbagai metode hingga menemukan cara yang tepat untuk si Kecil.

Hal ini juga dibahas dalam Smart Parenting Workshop yang diselenggarakan oleh Parenting Club di Pekanbaru pada beberapa waktu lalu. Ada banyak insight seputar tumbuh kembang anak dan cara menghadapinya yang disampaikan oleh Dr. Ismet, Sp.A. Salah satunya adalah pertumbuhan dan perkembangan si Kecil sangat pesat dalam 5 tahun pertama usianya. Bahkan periode usia dini (0-6 tahun) sering disebut sebagai fase periode emas bagi pertumbuhan anak.

Selama masa dua tahun pertama usia anak, otaknya tumbuh hingga 80% ukuran otak orang dewasa. Saat memasuki usia 5 tahun, pertumbuhan otak bisa mencapai 90%. Pada fase ini, sekitar 85% kecerdasan dan kepribadian anak juga telah terbentuk.