Sumber foto: www.truelovejapan.com 


Bagi banyak orang, makanan yang mewah ialah yang mengandung daging sapi atau ikan yang berkualitas tinggi yang sulit ditemukan. Namun, di Jepang ada hasil kebun – yakni buah-buahan – yang tergolong luxury fruit dan dibanderol dengan harga sangat tinggi. Salah satunya bahkan menyamai harga mobil baru, yakni mencapai ratusan juta rupiah! Wah, kok bisa, ya? Yuk, intip selengkapnya pada ulasan di bawah ini! 

 


Luxury Fruit & Japanese Culture

 

Hadirnya buah-buahan yang harganya fantastis ini tak terlepas dari kultur Jepang yang suka memberi buah mahal sebagai hadiah di special occasion. Seperti budaya Eropa atau Amerika di mana masyarakatnya suka membawakan wine berkualitas tinggi untuk merayakan suatu hal yang spesial, orang Jepang suka memberi buah yang nggak hanya cantik, namun ranum dan matangnya sempurna, sebagai hadiah. Nah, gifting season ini berlangsung di musim panas dan musim dingin. Umumnya, buah-buahan ini diberikan sebagai ungkapan rasa terima kasih pada seseorang yang berjasa bagi mereka atau keluarganya, seperti atasan, dokter, klien, dan sebagainya. 

 

Lalu, kenapa buah yang dijadikan hadiah? Hal ini nggak terlepas dari budaya declutter Jepang yang nggak suka menumpuk barang-barang. Kalau memberi makanan dan buah, produk tersebut akan habis dikonsumsi dan nggak terbuang atau hanya ‘terpajang’ di ruang tamu. Budaya ini lah yang bikin para petani di Jepang kompetitif banget dalam menghasilkan buah yang perfect dan flawless, yang berbanding lurus juga dengan harganya yang meroket tinggi.