Community Trend Stories & News From Brands We Love

Sumber foto: Clozette Ambassador IndahRP
Featured article from indahrp.com

karena sesungguhnya olahraga itu penting, bukan keperluan tapi kebutuhan... 

Tapi sayangnya saya masih jarang banget olahraga, atau lebih tepatnya belum berolahraga mengikuti definisi olahraga yang sebenarnya. *malu sendiri* Bicara soal definisi kata "olahraga", jangan disamakan dengan "aktivitas fisik" yaa, keduanya secara terminologi berbeda makna. Saya share sedikit yaa definisi keduanya dari WHO. 

Olahraga atau dalam bahasa inggris sering menggunakan kata "exercise" adalah bagian dari aktivitas fisik yang terencana, terstruktur, berulang, & memiliki tujuan untuk perbaikan atau pemeliharaan kebugaran fisik. Sedangkan aktivitas fisik atau dalam bahasa inggris disebut dengan "physical activity" adalah kegiatan fisik yang melibatkan gerakan tubuh, dapat dilakukan sebagai bagian dari bermain, bekerja, gerak aktif sehari-hari, pekerjaan rumah tangga, hingga kegiatan rekreasi. 

Gimana? Sudah cukup jelas belum perbedaan keduanya? Jadi olahraga itu bukan sekedar aktivitas fisik yang membuat berkeringat saja, dengan kata lain tidak sembarang aktivitas fisik bisa dikatakan sebagai olahraga. Jenis aktivitas fisik & olahraga yang direkomendasikan pun juga berbeda-beda untuk setiap jenjang usia. Selengkapnya bisa dilihat di sini (usia 5-17 tahun), di sini (usia 18-64 tahun), atau di sini (usia >65 tahun).